Chebii's Blog

Just another WordPress.com weblog

Etika dan Profesionalisme serta Perundang-undangannya

A. Pengertian TSI

TSI yang merupakan kepanjangan dari Teknologi Sistem Informasi adalah suatu teknologi informasi yang tidak terbatas dari sarana komputer saja tetapi meliputi pemrosesan data, aspek keuangan, pelayanan jasa sejak perencanaan, standar dan prosedur, serta organisasi dan pengendalian sistem lnformasi (technology information system).

Etika itu sendiri merupakan tata cara bagaimana kita mengolah TSI dengan baik dan benar tanpa harus merugikan orang lain, sumber lainnya mengatakan asal muasal etika. Etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Etika akan sangat berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh sekelompok orang atau individu untuk menilai apakah perbuatan-perbuatan yang kita lakukan itu salah atau benar, buruk atau baik. Etika disebut juga filsafat moral adalah cabang filsafat yang berbicara tentang praxis (tindakan) manusia. Etika tidak mempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkan bagaimana manusia harus bertindak. Tindakan manusia ini ditentukan oleh bermacam-macam norma.

Jika kaitkan pengertian etika akan kita kaitkan terhadap TSI maka tentu saja akan berhubungan dan memiliki arti yang ada keterkaitan dengan dunia teknik informasi,misalnya saja menjadi etika TSi adalah : “norma-norma atau tata cara bertindak sesuai undang-undang di dunia informasi khususnya TSI”.

B. Pengertian Profesi

Profesi adalah suatu bidang/pekerjaan yang sudah ditekuni atau dipelajari melalui proses-proses sistematis di jenjang pendidikan tertentu, misalnya profesi sebagai sorang guru dan lain sebagainya.

C. Pengertian Profesionalisme

Profesionalisme adalah komitmen para profesional terhadap profesinya. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan kebanggaan dirinya sebagai tenaga profesional, usaha terus-menerus untuk mengembangkan kemampuan profesional, dst.

D. Tujuan Etika & Profesionalisme TSI

Dengan adanya etika dan profesionalisme TSI diharapkan para ahli dan masyarakat yang bergerak atau berprofesi sebagai Seorang IT dapat memahami dan mengerti serta menghormati aturan-aturan di dalam bidang IT tentunya.

E. Kapan Menggunakan Etika TSI

Etika TSI digunakan saat kita telah menyentuh suatu bisang yang berhubungan dengan dunia IT bahkan ketika tidak sekalipun kita harus bisa menunjukan sikap beretika dan berperilaku profesional.

F. Siapa yang menggunakan TSI

Orang yang berhubungan dengan IT atau yang memiliki keterkaitan sistematis tentang IT.

G.Perundang-undangan

uu-ri no.36

UUITE

Referensi :
http://bloggerklengerrr.blogspot.com/2010/03/pengertian-etika-dan-profesionalisme.html

http://afza-fajar.blogspot.com/2011/03/etika-dan-profesionalisme-tsi-kerja.html

http://kamilfiki.blogspot.com/2011/04/etika-dan-profesionalisme-tsi.html

http://bisnis.deskripsi.com/teknologi-sistem-informasi-tsi

http://satrio-wibisono.blogspot.com/2012/03/etika-dan-profesionalisme-tsi.html

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: