Chebii's Blog

Just another WordPress.com weblog

TKI TERLANTAR DI BAWAH JEMBATAN

Ratusan Tenaga Kerja Indonesia yang berada di mesit terlantar di bawah kolong jembatan. Sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak. Masyarakatmenyesali pemerintah yang tidak segera turun tangan untuk memulangkan para Tki tersebut kembali ke Indonesia. Pemerintah beralasan, anggaran untuk memulangkan mereka semua tidak mencukupi. Padahal jika kita melihat fakta yang ada, anggaran untuk para mentri pergi bertugas keluar negeri setiap individunya lebih besar dari pada anggaran yang dibutuhkan untuk memulangkan para TKI ini.
Melihat keadaan itu, masyarakat indonesia merasa tersentuh untuk mengulurkan tangan membantu kepulangan mereka kembali ke Indonesia. Sejumlah LSM dan mahasiswa yang tergabung dalam aksi tersebut meliputi ICHDRE, WCC, ALHA-RAKA, KRJB, JKPT, SBPJ, PMII, KNPI, FNPBI, PPBI, JOICE, IKAHA, JCC, LiNK, Lakpesdam, dan lembaga lainnya secara langsung turun ke jalan untuk menggalang dana dari masyarakta. Mereka menggalang dana seribu rupiah dan hasil penggalangan dana tersebut akan mereka gunakan untuk memulangkan para Tki yang terlantar tersebut.
Pada hari Senin,14 Februari 2011 Sebanyak 301 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang telantar di kolong jembatan di Jeddah, Arab Saudi, akhirnya tiba di Bandar Udara Soekarnot Hatta, Tangerang, Banten. Para TKI dipulangkan dengan pesawat Garuda Indonesia atas pembiayaan Kementerian Luar Negeri.

Kedatangan para TKI disambut Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Lutfi Rauf, Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat, sejumlah pihak lain. Pemerintah sempat kesulitan mengevakuasi para TKI karena ketatnya izin keluar dari Pemerintahan Arab Saudi.

REFERENSI :
http://us.nasional.vivanews.com/news/read/201156-aksi-rp1-000-untuk-tki-sampai-ke-luar-negeri
http://www.metrotvnews.com/read/newscatvideo/internasional/2011/02/14/122458/301-TKI-Telantar-Tiba-di-Tanah-Air
http://www.beritajatim.com/detailnews.php/6/Politik_&_Pemerintahan/2011-01-31/91521?kanal=6&article=&tgl=2011-01-31&newsid=91521&addkomentar&

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: