Chebii's Blog

Just another WordPress.com weblog

perangkat komputer pribadi

PERANGKAT KOMPUTER PRIBADI
Saat ini, komputerisasi pribadi diasosiasikan dengan perangkat yang bersifat lebih pribadi bagi penggunanya. PC genggam (handheld), PC saku (pocket PC), PC tablet, personal digital assistance (PDA), dan telepon seluler dengan kemampuan mengirimkan pesan secara interaktif merupakan peralatan-peralatan baru komputer pribadi.
Beberapa fasilitas yang membuat perangkat ini lebih menarik adalah umur baterai yang lama dan bisa diisi kembali, akses jaringan tanpa kabel, kemampuan sinkronisasi data dengan komputer lainnya, dan walaupun berukuran kecil tetapi layar monitornya dapat berfungsi dengan baik.

 PC Genggam, PC Tablet, dan PC Saku
Perangkat komputer pribadi datang secara bersamaan sebagai satu produk. Hampir semuanya menggunakan perangkat lunak wordprocessing, presentasi,, dan spreadsheet dari Microsoft. Perangkat lunak untuk browser internet, kalender, e-mail, dan perangkat lunak lainnya juga terdapat dalam berbagai PC tersebut.
Perangkat-perangkat ini memungkinkan pengguna lebih fleksibel dan produktif. Umur baterai bukan kendala, karena perangkat-perangkat ini dilengkapi dengan baterai yang berdaya tahan mulai dari 15 jam sampai beberapa hari. Kelebihan utama dari perangkat ini adalah mobilitas. Komputer Notebook / laptop dirancang sebagai komputer yang memiliki mobilitas tinggi, tetapi ternyata ukurannya masih terlalu besar untuk dibawa berpindah-pindah. PC tablet adalah perangkat komputer pribadi yang paling berat mempunyai bobot kira-kira 3 pound. PC genggam beratnya sekitar 1 pound, sedangkan PC saku mempunyai berat 8 ons.

 Personal Digital Assistance (PDA)
PDA adalah perangkat yang melakukan beberapa pekerjaan komputasi terutama pekerjaan yang berhubungan dengan tugas-tugas organisasional perorangan. Kalender, daftar kontak, dan catatan-catatan penting merupakan materi-materi yang umumnya dihubungkan dengan PDA. Perangkat berukuran saku ini mempunyai baterai yang dapat hidup selama beberapa hari atau minggu tanpa diisi ulang.
Palm dan Handspring adalah dua contoh vendor PDA paling popular. Perangkat ini memiliki fasilitas untuk menampilkan file wordprocessor, spreadsheet, dan presentasi. PDA tidak dapat membuat atau mengubah dokumen-dokumen, PDA hanya dapat menampilkannya saja.

 Telepon Seluler dengan Pengiriman Pesan Interaktif
Perbedaan antara telepon selular dan PDA menjadi kabur. Pabrik-pabrik telepon seluler menambahkan kemampuan pada telepon seluler untuk menampilkan pesan-pesan teks dan gambar kecil pada tampilan monitornya. Telepon seluler pada dasarnya memiliki komputasi yang sederhana dimana tombol-tombol dan layarnya berfungsi sebagai perangkat input dan output. Itulah yang menjadi hambatan atau keterbatasan telepon seluler.

PERANGKAT LUNAK
Ada dua tipe dasar perangkat lunak (software) , yaitu sistem dan aplikasi.
 Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem (system software) melaksanakan tugas-tugas mendasar yang diperlukan semua pengguna komputer. Tugas-tugas ini berhubungan dengan perangkat keras, bukan dengan aplikasi yang dilaksanakan perusahaan. Sistem operasi mengelola proses-proses komputer, berfungsi sebagai interface yang menghubungkan pemakai, perangkat lunak aplikasi dan perangkat keras. Contoh sistem operasi untuk komputer mikro adalah Windows XP.
Semua komputer memiliki sistem operasi, tetapi sistem-sistem itu berbeda dalam jumlah fungsi-fungsi dasar dan cara pelaksanaan fungsi-fungsi itu. Sistem operasi mainframe lebih rumit dibanding dengan sistem operasi komputer mikro dengan satu pemakai, karena mainframe harus mengoordinasi berbagai operasi dari banyak perangkat input dan output, serta menangani banyak pemakai sekaligus.
Program utility / utility adalah sistem operasi rutin yang memungkinkan pengguna untuk mengerjakan operasi pengolahan data yang bersifat mendasar dan umum, dan tidak asing bagi aplikasi-aplikasi lainnya. Utility memungkinkan pengguna untuk mengkopi file, menghapus file, mengurutkan isi file, menggabungkan dua file atau lebih, dan memformat media penyimpanan agar dapat digunakan. Utility juga memungkinkan manajer operasional komputer memperbaiki file yang hilang atau rusak, memantau kinerja sistem, bahkan mengendalikan arus data antara pengguna dan komputer.

 Perangkat Lunak Aplikasi
Awal komputer dibuat, tidak ada bahasa pemrograman. Programmer akan memasukkan serangkaian angka 0 dan 1 ke dalam memori komputer untuk mengendalikan operasinya, tetapi ini sangat memakan waktu. Penerjemah (translator) adalah bahasa pemrograman yang menterjemahkan instruksi programmer ke dalam angka 0 dan 1. COBOL , C dan C++, Java, dan Visual Basic adalah sebagian contoh dari bahasa pemrograman.
Bahasa generasi keempat (4GL) adalah bahasa yang mengekspresikan apa yang harus dilakukan oleh komputer tanpa harus mendefinisikan secara eksplisit bagaimana tugas-tugas tersebut akan berlangsung. Misalnya spread seperti excel, pengguna cukup memasukkan fungsi matematik yang sudah tersedia dan program tersebut akan secara otomatis menghitung nilai yang dimaksud.
 PREWRITTEN APPLICATION SOFTWARE
Pengguna dapat memanfaatkan perangkat lunak yang dibuat oleh programmer yang berpengalaman tanpa harus menyewa programmer atau mempelajari bagaimana menggunakan program tersebut. Untuk mengoperasikannya pengguna hanya perlu meng-installnya. Perangkat lunak jadi ini mempunyai dua manfaat utama :
 Perangkat lunak jadi telah tersedia. Perusahaan tidak perlu menunggu programmer untuk membuatnya.
 Perangkat lunak jadi lebih murah daripada perangkat lunak khusus.
 CUSTOM APPLICATION SOFTWARE
Ada kalanya suatu organisasi bisnis memiliki operasi yang berbeda dengan bisnis lain. Maka perusahaan perlu memiliki programmer sendiri atau satu kelompok konsultan programmer yang bertugas membuat perangkat lunak aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 Peranan Perangkat Lunak Mudah Pakai
Perangkat lunak yang sederhana dan mudah untuk digunakan dinamakan user friendly. Istilah ini mungkin memberikan konotasi negatif bahwa aplikasi dibuat dengan sederhana . Namun pada kenyataannya user friendly sebenarnya adalah aplikasi yang dibuat dengan hati-hati. Jauh lebih sulit membuat perangkat lunak “user friendly” dibanding membuat perangkat lunak “programmer friendly”.
Dibawah ini daftar karakteristik aplikasi yang mudah digunakan :
1. Dapat memandu dialog untuk mengarahkan pengguna mengenai data apa yang diperlukan, format data, dan hal-hal serupa lainnya.
2. Dilengkapi menu, daftar perintah, dan icon, beragam cara ini hadir untuk membantu dalam menyelesaikan tugas, memberikan penduan bagi pengguna pemula dan pada saat yang sama memungkinkan pengguna yang mahir mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan tugas.
3. Memiliki fasilitas formulir isian dan template.
4. Bersifat context-sensitive help, yaitu informasi yang berguna harus disediakan pada lokasi atau titik yang spesifik dimana pengguna mengalami kesulita.
5. Memiliki interface grafis yang memakai simbol terstandarisasi, sehingga pengguna tidak perlu mempelajari icon baru untuk tiap aplikasi.

Single Post Navigation

One thought on “perangkat komputer pribadi

  1. If you have a problem with your PC just visit this SITE
    ,It’s a Tutorial how to clean up your PC and a new software development to:
    Prevents Computer Crashes and Speeds Up Slow PC
    And is all FREE !!It will fix your problem and saving Time

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: