Chebii's Blog

Just another WordPress.com weblog

perangkat keras

PERANGKAT KERAS

Di dalam kehidupan kita sekarang ini, computer merupakan suatu perangkat yang menjadi kebutuhan bagi manusia. Computer biasa di gunakan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya. Tetapi apakah kita tahu, apa saja ynag berada di dalam computer (perangkat kerasnya) ? Berikut merupakan penjelasannya.
1. Processor
Processor biasa disebut CPU atau Central Processing Unit. Merupakan tempat dimana pengolahan data dilakukan. Prosesor ini juga mengarahkan dan mengontrol pergerakan data dari satu lokasi ke lokasi lain di dalam computer.
Kecepatan processor
Kecepatannya di ukur dengan banyaknya siklus yang terjadi dalam satu detik.
Ukuran kata.
Processor pertama disebut mesin-8-bit karena delapan bit data membentuk ukuran satu kata. Satu kata digunakan sebagai ukuran untuk menghitung berapa banyak bit dapat di pindahkan dalam satu siklus processor. Satu bit adalah satu nilai tunggal nol atau satu. Satu rangkaian berisi delapan bit membentuk saty byte, dan satu bit memiliki cukup bit untuk mewakili satu karakter.
Kekuatan
Kekuatan computer dipengaruhi oleh ukuran kata dan kecepatan processor.
2. Memori
Data disimpan dalam computer dalam dua cara mandasar, yaitu memori dan penyimpanan.
A. Jenis memori :

a) RAM
Random Access Memory atau penyimpanan primer(primary storage). Memory ini bersifat volatile, artinya bila daya listrik dimatikan maka isi memori tersebut hilang.
b) ROM
Read-only Memory tidak dapat diganti oleh pengguna dan tidak di pengaruhi oleh pemadaman daya listrik.ROM menyimpan memori yang digunakan oleh system operasi dan processor saat computer dinyalakan.
c) DRAM
Dinamyc RAM, emungkinkan buffering data (penyimpanan sementara saat bit-bit sedang bergerak pada processor) serta meningkatkan efisiensi RAM
d) SDRAM
Synchronous DRAM, bergerak jauh lebih cepat daripada sebagian besar memory konvensional karena SDRAM menyelaraskan siklusnya dengan siklus processor.

B. Penyimpanan :

Penyimpanan computer terdiri dari berbagai media yang berbeda, masing-masing mempunyai karakteristik yangberbeda yang menjadikan media tertentu lebih baik dalam melakukan tugas tertentu. Tempat penyimpanan terbagi menjadi dua kelompok.
a) Fixed Storage
Merupakan media penyimpanan yang terpasang secara permanent dalam computer.
b) Removable Storage
Merupakan media penyimpanan yang dapat dipindahkan dari satu computer ke computer lain. Tiga jenis media berkapasitas tinggi yang menarik perhatian adalah Zip Disk, Compact Disk, Digital Versatile Disk. Keunggulan Zip adalah kemampuannya dalam menyimpan data cukup besar sehingga secara efektif dapat digunakanuntuk media backup computer mikro para pengguna.
Compact Disk untuk menyimpan data yang hanya dapat dibaca tetapi data tidak dapat ditulisi.
Digital Versatile Disc dapat menyimpan dari 5GB sampai 20GB data. Contohnya adalah DVD dimana kemampuannya yang sangat popular, untuk menyimpan data dengan kapasitas yang besar sehingga pemakai juga dapat menyimpan film ataupun video.

Perangkat Input
Komputer tidak akan berguna tanpa adanya perangkat input dan output. Contohnya kegiatan bisnis yang memerlukan proses input dan output data dalam jumlah yang sangat besar, dan membutuhkan berbagai perangkkat yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Human-captured data merujuk pada input atau memasukkan data oleh pengguna dengan berbagai cara, misalnya mengetik data menggunakan keyboard, mengklik menggunakan mouse komputer, dan lain sebagainya.
Human-captured input merupakan memberikan mekanisme langsung bagi para pengguna untuk mengontrol komputer. Ada dua kendala yang dihadapi human-captured data, yaitu:
1. Prosesnya yang sangat lambat
2. Tingkat akurasinya yang rendah, tidak mencapai tingkat akurasi setinggi data yang dimasukkan oleh mesin (machine captured data)
Peristiwa yang sangat penting yang terjadi bagi perkembangan machine-readable adalah saat dunia usaha diharuskan mencantumkan bar code pada setiap produk yang dijual. Menurut kita, bar code adalah seperti serangkaian garis vertikal, sebagian lebih tebal dan sebagian lebih tipis dari yang lain. Berdasarkan peraturan pemerintah, semua barang yang akan dijual harus memperlihatkan kode ini. Kode ini mencakup industri, bisnis, dan seluruh produk yang dihasilkan tanpa pengecualian apakah produk itu botol plastik atau kemasan kaleng.
Terminal point of sale ( POS) adalah suatu jenis scanner dari yang digunakan di toko-toko ritel. Scanner ini berinteraksi dengan komputer di toko yang mengolah informasi produk untuk menentukan harga, perubahan jumlah persediaan barang yang menggambarkan penjualan, dan aktivitas-aktivitas sejenis lainnya.
Dalam hal ini ternyata data yang dimasukkan oleh mesin (machine-captured data) lebih baik daripada data yang dimasukkan oleh manusia (human-captured data) karena komputer dapat memasukkan data dengan biaya yang lebih murah. Selain itu juga dapat menguntungkan dari segi kecepatan dan akurasi proses pemasukan data.

PERANGKAT OUTPUT
Perangkat output yang paling dikenal secara umum adalah layar computer (computer screen) disebut juga monitor dan printer. Walaupun terdapat banyak pembicaraan mengenai konsep “kantor tanpa kertas”, tetapi output printer berupa data terolah yang tercetak pada kertas adalah fakta yang ada di dunia perkantoran.
Gambar pada layar monitor sangat dipengaruhi oleh resolusi layar (screen resolution). Resolusi layar mengacu pada jumlah pixels yaitu jumlah titik-titik cahaya yang membentuk gambar dan tampilan lainnya pada layar monitor. Saat ini, monitor umunya memiliki resolusi 1600 x 1200 atau lebih besar. Hal ini berarti ada 1600 titik cahaya vertical dan 1200 titik cahaya horizontal pada layar. Resolusi tinggi pada layar computer memungkinkan praktisi menggunakan cukup banyak icon (symbol yang menggambarkan tindakan yang dilakukan oleh computer) sehingga graphical user interface (GUI) menjadi interface yang dominan.
Printer juga mengalami perkembangan pesat serupa seperti monitor. Karakteristik utama printer yang berubah adalah resolusi percetakan dan kecepatan percetakam. Printer saat ini umumnya, menggunakan teknologi laser dan ink-jet. Printer laser prinsip kerjanya mirip mesin fotokopi, sedangkan printer ink-jet menyemprotkan tinta ke permukaan kertas dan memiliki resolusi sekitar 300 titik per inci. Keunggulan printer ink-jet adalah ukurannya kecil secara mekanis dan umumnya berharga lebih murah daripada printer laser. Printer ink-jet memiliki keunggulan praktis dibandingkan printer laser karena dapat menghasilkan output berwarna dengan biaya relative rendah. Umumnya printer ink-jet harganya murah mampu mencetak sekitar 15 halaman hitam putih per menit. Percetakan warna mempunyai kecepatan setengah dari kecepatan percetakan hitam dan putih. Resolusi percetakan umumnya 300 sampai 1200 titik per inci.

MULTIMEDIA
Evolusi perangkat input dan output mengarah pada MULTIMEDIA atau penggunaan lebih dari satu medium pada saat bersamaan. Contohnya, informasi dalam bentuk narasi dapat diproyeksikan ke layar computer disertai dengan gambar atau video. Para pengguna tidak hanya mengetik perintah, mereka menggunakan alat petunjuk, seperti mouse atau berbicara ke microfon, untuk memilih icon yang menyebabkan computer beroperasi menjalankan pesan di layar. Kombinasi sentuhan keyboard atau mouse, input yang diucapkan, gambar di layar, dan suara dan pengeras suara menyediakan kemungkinan input dan output yang sangat banyak. Kemampuan multimedia dapat meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berinteraksi dengan sumber daya computer dengan benar

PERANGKAT KOMPUTER PRIBADI
Saat ini, komputerisasi pribadi diasosiasikan dengan perangkat yang bersifat lebih pribadi bagi penggunanya. PC genggam (handheld), PC saku (pocket PC), PC tablet, personal digital assistance (PDA), dan telepon seluler dengan kemampuan mengirimkan pesan secara interaktif merupakan peralatan-peralatan baru komputer pribadi.
Beberapa fasilitas yang membuat perangkat ini lebih menarik adalah umur baterai yang lama dan bisa diisi kembali, akses jaringan tanpa kabel, kemampuan sinkronisasi data dengan komputer lainnya, dan walaupun berukuran kecil tetapi layar monitornya dapat berfungsi dengan baik.

 PC Genggam, PC Tablet, dan PC Saku
Perangkat komputer pribadi datang secara bersamaan sebagai satu produk. Hampir semuanya menggunakan perangkat lunak wordprocessing, presentasi,, dan spreadsheet dari Microsoft. Perangkat lunak untuk browser internet, kalender, e-mail, dan perangkat lunak lainnya juga terdapat dalam berbagai PC tersebut.
Perangkat-perangkat ini memungkinkan pengguna lebih fleksibel dan produktif. Umur baterai bukan kendala, karena perangkat-perangkat ini dilengkapi dengan baterai yang berdaya tahan mulai dari 15 jam sampai beberapa hari. Kelebihan utama dari perangkat ini adalah mobilitas. Komputer Notebook / laptop dirancang sebagai komputer yang memiliki mobilitas tinggi, tetapi ternyata ukurannya masih terlalu besar untuk dibawa berpindah-pindah. PC tablet adalah perangkat komputer pribadi yang paling berat mempunyai bobot kira-kira 3 pound. PC genggam beratnya sekitar 1 pound, sedangkan PC saku mempunyai berat 8 ons.

 Personal Digital Assistance (PDA)
PDA adalah perangkat yang melakukan beberapa pekerjaan komputasi terutama pekerjaan yang berhubungan dengan tugas-tugas organisasional perorangan. Kalender, daftar kontak, dan catatan-catatan penting merupakan materi-materi yang umumnya dihubungkan dengan PDA. Perangkat berukuran saku ini mempunyai baterai yang dapat hidup selama beberapa hari atau minggu tanpa diisi ulang.
Palm dan Handspring adalah dua contoh vendor PDA paling popular. Perangkat ini memiliki fasilitas untuk menampilkan file wordprocessor, spreadsheet, dan presentasi. PDA tidak dapat membuat atau mengubah dokumen-dokumen, PDA hanya dapat menampilkannya saja.

 Telepon Seluler dengan Pengiriman Pesan Interaktif
Perbedaan antara telepon selular dan PDA menjadi kabur. Pabrik-pabrik telepon seluler menambahkan kemampuan pada telepon seluler untuk menampilkan pesan-pesan teks dan gambar kecil pada tampilan monitornya. Telepon seluler pada dasarnya memiliki komputasi yang sederhana dimana tombol-tombol dan layarnya berfungsi sebagai perangkat input dan output. Itulah yang menjadi hambatan atau keterbatasan telepon seluler.

PERANGKAT LUNAK
Ada dua tipe dasar perangkat lunak (software) , yaitu sistem dan aplikasi.
 Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem (system software) melaksanakan tugas-tugas mendasar yang diperlukan semua pengguna komputer. Tugas-tugas ini berhubungan dengan perangkat keras, bukan dengan aplikasi yang dilaksanakan perusahaan. Sistem operasi mengelola proses-proses komputer, berfungsi sebagai interface yang menghubungkan pemakai, perangkat lunak aplikasi dan perangkat keras. Contoh sistem operasi untuk komputer mikro adalah Windows XP.
Semua komputer memiliki sistem operasi, tetapi sistem-sistem itu berbeda dalam jumlah fungsi-fungsi dasar dan cara pelaksanaan fungsi-fungsi itu. Sistem operasi mainframe lebih rumit dibanding dengan sistem operasi komputer mikro dengan satu pemakai, karena mainframe harus mengoordinasi berbagai operasi dari banyak perangkat input dan output, serta menangani banyak pemakai sekaligus.
Program utility / utility adalah sistem operasi rutin yang memungkinkan pengguna untuk mengerjakan operasi pengolahan data yang bersifat mendasar dan umum, dan tidak asing bagi aplikasi-aplikasi lainnya. Utility memungkinkan pengguna untuk mengkopi file, menghapus file, mengurutkan isi file, menggabungkan dua file atau lebih, dan memformat media penyimpanan agar dapat digunakan. Utility juga memungkinkan manajer operasional komputer memperbaiki file yang hilang atau rusak, memantau kinerja sistem, bahkan mengendalikan arus data antara pengguna dan komputer.

 Perangkat Lunak Aplikasi
Awal komputer dibuat, tidak ada bahasa pemrograman. Programmer akan memasukkan serangkaian angka 0 dan 1 ke dalam memori komputer untuk mengendalikan operasinya, tetapi ini sangat memakan waktu. Penerjemah (translator) adalah bahasa pemrograman yang menterjemahkan instruksi programmer ke dalam angka 0 dan 1. COBOL , C dan C++, Java, dan Visual Basic adalah sebagian contoh dari bahasa pemrograman.
Bahasa generasi keempat (4GL) adalah bahasa yang mengekspresikan apa yang harus dilakukan oleh komputer tanpa harus mendefinisikan secara eksplisit bagaimana tugas-tugas tersebut akan berlangsung. Misalnya spread seperti excel, pengguna cukup memasukkan fungsi matematik yang sudah tersedia dan program tersebut akan secara otomatis menghitung nilai yang dimaksud.
 PREWRITTEN APPLICATION SOFTWARE
Pengguna dapat memanfaatkan perangkat lunak yang dibuat oleh programmer yang berpengalaman tanpa harus menyewa programmer atau mempelajari bagaimana menggunakan program tersebut. Untuk mengoperasikannya pengguna hanya perlu meng-installnya. Perangkat lunak jadi ini mempunyai dua manfaat utama :
 Perangkat lunak jadi telah tersedia. Perusahaan tidak perlu menunggu programmer untuk membuatnya.
 Perangkat lunak jadi lebih murah daripada perangkat lunak khusus.
 CUSTOM APPLICATION SOFTWARE
Ada kalanya suatu organisasi bisnis memiliki operasi yang berbeda dengan bisnis lain. Maka perusahaan perlu memiliki programmer sendiri atau satu kelompok konsultan programmer yang bertugas membuat perangkat lunak aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 Peranan Perangkat Lunak Mudah Pakai
Perangkat lunak yang sederhana dan mudah untuk digunakan dinamakan user friendly. Istilah ini mungkin memberikan konotasi negatif bahwa aplikasi dibuat dengan sederhana . Namun pada kenyataannya user friendly sebenarnya adalah aplikasi yang dibuat dengan hati-hati. Jauh lebih sulit membuat perangkat lunak “user friendly” dibanding membuat perangkat lunak “programmer friendly”.
Dibawah ini daftar karakteristik aplikasi yang mudah digunakan :
1. Dapat memandu dialog untuk mengarahkan pengguna mengenai data apa yang diperlukan, format data, dan hal-hal serupa lainnya.
2. Dilengkapi menu, daftar perintah, dan icon, beragam cara ini hadir untuk membantu dalam menyelesaikan tugas, memberikan penduan bagi pengguna pemula dan pada saat yang sama memungkinkan pengguna yang mahir mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan tugas.
3. Memiliki fasilitas formulir isian dan template.
4. Bersifat context-sensitive help, yaitu informasi yang berguna harus disediakan pada lokasi atau titik yang spesifik dimana pengguna mengalami kesulita.
5. Memiliki interface grafis yang memakai simbol terstandarisasi, sehingga pengguna tidak perlu mempelajari icon baru untuk tiap aplikasi.

KOMUNIKASI-SISTEM TELEPON UMUM
Kecepatan transmisi data antar komputer melalui sistem telepon umum lebih lambat dibandingkan dengan transmisi data antarkomputer yang dihubungkan melalui sistem jaringan sendiri. Hampir semua komputer yang ada di jaringan dapat beroperasi seratus kali lebih cepat melalui koneksi dengan kabel dibandingkan melalui sistem jaringan telepon umum. Karena protokol untuk sistem komunikasi telepon umum dibuat untuk tingkat komunikasi suara, maka kualitas dan kecepatan saluran komunikasi tidak perlu tinggi. Protokol adalah spesifikasi bentuk atau format data yang akan ditransfer melalui peralatan komunikasi.

Koneksi Umum
Protokol untuk sistem telepon umum dibuat untuk memenuhi kriteria minimum transmisi suara, yaitu transmisi analog tingkat rendah. Kualitas komunikasi suara cukup rendah bila digunakan untuk memenuhi kebutuhan transmisi data komputer.
Modem telepon menghubungkan komputer rumah dengan internet. Kecepatannya meningkat pesat selama tahun 1980, dan saat ini mencapai 56Kbps (56 ribu bit per detik) yang dapat mencapai 64Kbps, tetapi secara teknik kecepatan maksimum yang bisa digunakan untuk menjalankan transmisi modern telepon hanya 56Kbps.
Tabel Koneksi ke internet

Koneksi Kecepatan Deskripsi
Modem Telepon

Modem Kabel

Integrated services digital network (ISDN)

Digital subscribes line (DSL) 56Kbps

2Mbps

128Kbps sampai 1,5Mbps

32Mbps Perangkat yang dihubungkan ke komputer melalui saluran telepon standar.
Perangkat yang dihubungkan dengan kabel coaxial yang umumnya digunakan sebagai kabel penerima pada televisi, pada komputer untuk akses internet. Kecepatan dari modem ini sangat bervariasi dari 2Mbps yang kerap dipublikasikan dalam iklan TV kabel. Namun 11Mbps merupakan kemampuan yang pada umumnya saat ini dimiliki oleh modem kabel. Biasanya provider membatasi kecepatan komunikasi untuk pelanggan hingga hanya 2Mbps dab hingga 512Kbps.
Koneksi menggunakan saluran telepon standar sebagai saluran komunikasi dengan kecepatan 64Kbps. Saluran-saluran itu disatuka sehingga kesatuan “dasar” dari dua saluran menghasilkan kecepatan komunikasi 128Kbps. Biasanya tiap kesatuan mencapai 23 saluran telepon yang menghasilkan kecepatan-kecepatan komunikasi 1,5Mbps
Teknologi yang sama dengan ISDN akan tetapi lebih mampu mengambil keuntungan dari kemampuan komunikasi melalui saluran telepon. Versi terbaru DSL, kecepatannya mencapai 52Mbps.

Protokol Integrated Services Digital Network (ISDN) dan Protokol Digital Subscribes Line (DSL) menyediakan standar untuk transmisi data pada kecepatan dari 1,5Mbps sampai 32Mbps (32 juta bits per detik) melalui saluran telepon standar.
Modem Kabel terhubung ke internet melalui kabel coaxial yang umumnya digunakan sebagai kabel penerima pada televisi. Modem kabel umumnya mencapai kecepatan 2Mbps. Namun terkadang kecepatan aktualnya mencapai 512Kbps.
Kecepatan transmisi data yang digambarkan tersebut semuanya untuk “last mile” atau “kilometer terakhir” artinya transmisi yang berjalan dari komputer rumah kita ke stasiun perusahaan telepon atau perusahaan kabel telepon terdekat yang pertama ditemui. Kapasitas dan kecepatan transmisi data antarperalatan telepon juga meningkat. Tanpa adanya peningkatan tersebut, penambahan kapasitas dan kecepatan transmisi komunikasi di kilometer terakhir akan bernilai kecil.
Frame Relay mendapat keuntungan dari komunikasi berkualitas tinggiyang diperoleh dengan penggunaan serat optik. Bila sistem pemanfaatan serat optik handal (reliable fiber optic) telah dikembangkan, kebutuhan akan protokol lambat yang bisa menelusuri pengiriman dan penerimaan data dari satu perangkat telepon ke perangkat telepon berikutnya dapat dihilangkan. Teknologi asynchronous transfer mode (ATM) menawarkan dua karakteristik yang dapat meningkatkan rata-rata transmisi data, yaitu:
1. Ukuran paket yang dikomunikasikan lebih kecil daripada protokol yang sebelumnya digunakan pada sistem telepon. Ini memungkinkan paket dari pengguna yang berbeda dapat dilepas ke jaringan pada saat bersamaan sehingga semua paket mendapat tempat secara merata pada jaringan.
2. Kecepatan yang dimilikinya dari 25 hingga 155 Mbps. Bahkan, perangkat ATM dapat menyatukan 16 saluran sekaligus sehingga mampu melakukan transfer dengan kecepatan mendekati 2,5 miliar bit per detik.

Sambungan Pribadi (Private Line)
Komunikasi memerlukan sambungan dari satu titik ke titik lain. Ada banyak kemungkinan jalur yang melewati jaringan.
Sambungan pribadi (private line) adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi kita. Istilah leased line dan dedicated line juga biasa digunakan. Sambungan pribadi yang khusus dibuat untuk pemakaian pribadi disediakan oleh perusahaan penyedia jasa. Komunikasi (common carrier), yaitu perusahaan telepon. Untuk menggunakan sambungan itu, kita diharuskan membayar biaya bulanan yang jumlahnya telah ditetapkan. Semakin sering sambungan tersebut digunakan, maka semakin kecil biaya data per unit.
Dua jenis sambungan pribadi yang sangat populer adalah sambungan T-1 dan T-3. Sambungan T-1 (T-1 line), kadang disebut Saluran T-1 (T-1 channel) memiliki kecepatan transmisi maksimum sedikit di atas 1,5 Mbps. Saluran T-3 dapat mentransfer data dengan kecepatan 43 Mbps. Sambungan T-1 dan T-3 sebenarnya merupakan kumpulan sambungan 64 Kbps antara dua perangkat komunikasi. Karena mereka merupakan kumpulan sambungan 64 Kbps, maka sambungan T-1 dan T-3 dapat dipecah menjadi beberapa jalur komunikasi, seperti pembagian jalan tol menjadi beberapa jalur. Sambungan T-1 umumnya digunakan oleh organisasi bisnis dengan lalu lintas komunikasi data yang benar, sedangkan sambungan T-3 umumnya digunakan oleh penyedia jasa internet.
Virtual Private Network
Sambungan pribadi memberikan keamanan yang lebih baik karena data yang melalui sambungan komunikasi tersebut hanya data dari organisasi kita, dan kecepatannya lebih tinggi daripada kecepatan transmisi internet yang aman (secure Internet transmission). Bagaimana kita bisa memperoleh keamanan dan kecepatan sambunganpribadi dengan biaya semurah jaringan internet?
Jawabannya adalah Jaringan Pribadi Virtual (virtual private network atauVPN). Suatu organisasi perlu menggunakan penyedia jasa internet yang memiliki perangkat tunneling software (perangkat lunak pembuat terowongan) di server dan routernya. Microsoft dan Cisco Systems, penjual utama perangkat komunikasi beserta perangkat lunkanya, keduanya mendukung tunneling software dan sebagian besar penyedia jasa internet utama mengakomodasi keberadaan tunneling. Tunneling software membuat sejumlah lokasi perantara berupa perangkat telepon yang akan menampung transfer komunikasi data tertentu. Tunneling secara konseptual serupa dengan membuat sirkuit pribadi untuk beberapa detik saat terjadi pengiriman data.
Kerahasiaan dicapai karena terowongan ini tidak dapat dibuat kecuali komputer pengirim dan penerima memeriksa keabsahan masing-masing. Kecepatan dicapai karena begitu keabsahan komputer pengirim dan penerima telah diperoleh tidak diperlukan lagi pemeriksaan keabsahan oleh tiap perangkat telepon perantara ketika jaringan meneruskan tiap paket data di sepanjang medium komunikasi. Biaya murah dicapai karena perusahaan tidak harus membayar sambungan komunikasi pribadi khusus ke tiap titik tujuan.
Sambungan pribadi konvensional menghubungkan dua titik tujuan yang sama (dua komputer yang sama) sepanjang waktu. VPN dibuat untuk tiap pasang komputer dan pasangan itu dapat berubah dari satu transmisi ke transmisi lain. VPN adalah suatu sambungan komunikasi yang aman, cepat, murah dan dapat menyediakan koneksi di antara berbagai organisasi.

Komunikasi-Jaringan
Organisasi Internasional untuk Standarisasi (International Organization for Standadization atau WWW.ISO.CH) didirikan tahun 1946 dan ditetapkan sebagai Antarkoneksi Sistem Terbuka atau Open System Interconnection (OSI), merupakan arsitektur standar untuk koneksi jaringan. OSI terdiri dari 7 lapisan seperti tabel di bawah ini. Dalam teknologi komunikasi saat ini, dua atau lebih lapisan dapat difungsikan dalam satu perangkat keras komunikasi.

Model Referensi Antarkoneksi Sistem Terbuka (Open System Interconnection-OSI)
Lapisan Nama Fungsi
7
6
5
4

3
2
1 Lapisan Aplikasi
Lapisan Presentasi
Lapisan Sesi
Lapisan Transpor

Klapisan Jaringan
Lapis Kaitan Data
Lapis Fisik Melaksanakan komunikasi antar aplikasi
Mengelola konversi representasi data
Membangun dana memelihar saluran komunikasi
Menjamin integritas transmisi data dari satu ujung ke ujung lain
Mengatur rute data dari satu alamat jaringan ke yang lain
Memindahkan data dari satu alamat jaringan ke yang lain
Menempatkan data dan menghapus data pada media jaringan

Sebagai tambahan untuk standar arsitektur jaringan, diperlukan sebuah protokol. Protokol merupakan spesifikasi dari format data yang ditransmisikan antarperangkat-perangkat komunikasi. Jika standar untuk jaringan komunikasi telah ditetapkan dan protokol untuk transfer data juga telah dibuat, maka manfaat-manfaat teknologi informasi dapat digunakana bersama-sama secara luas.

Protokol Komunikasi Komputer
Awalnya komputer dirancang bukan untuk berbagi data dengan komputer lain, tetapi hanya dengan terminal. Terminal adalah perangkat yang tidak mempunyai penyimpanan atau prosesor, sederhananya terminal merupakan alat untuk memasukkan dan menampilkan data untuk komputer.
Protokol dapat menjadi hak milik, artinya spesifikasi dalam memformat data menjadi milik perusahaan yang mengembangkannya. Ada protokol lain yang disebut open protocol atau protokol terbuka. Protokol terbuka adalah protokol yang spesifikasi formatnya terbuka untuk umum dan boleh digunakan tanpa dikenakan biaya. Protokol terbuka banyka disukai karena digunakan pada saluran komunikasi yang populer seperti internet.
System Network Architecture (SNA) dikembangkan oleh IBM sebagai protokol hak milik pada tahun 1974. konsep ini dirancang untuk komputer besar, bukan untuk komputer mikro. SNA memerlukan suatu komputer utama atau induk menjadi muara bagi komputer-komputer lain dihubungkan dengan komputer induk tersebut oleh jaringan dalam sekuen-sekuen tertentu sehingga dalam berhubungan dengan komputer induk (host), komputer-komputer lainnhya seolah-olah mengantri.
Token-Ring IBM menyadari bahwa tidak semua pelanggan mampu atau mau mengeluarkan biaya tambahan untuk perangkat keras pengendali. IBM mulai mengembangkan suatu protokol yang tidak bergantung pada suatu komputer induk yang mengendalikan komunikasi ke komputer-komputer lain, tetapi protokol yang memperlakukan komputer-komputer lain sebagai peer(sederajat). Protokol Peer-to-peer memungkinkan tiap komputer untuk bertindak sebagai pengendali diri sendiri. IBM menamakan protokol peer-to-peer sebagai Token-Ring. Suatu penanda (token) diletakkan pada satu komputer tertentu, penanda tersebut akan diteruskan secara estafet di atntara komputer-komputer yang sederajat dan komputer yang memiliki penanda itu adalah komputer yang diizinkan untuk mengendalikan komunikasi.
ETHERNET Xerox mengembangkan suatu arsitektur komunikasi peer-to-peer yang berbeda pada awal tahun 1970-an dan bekerja sama dengan Digital Equipment Corporation dan Intel meluncurkan Ethernet. Ethernet adalah sebuah protokol jaringan untuk komunikasi peer-to-peer. Standar ethernet bukan hak milik suatu perusahaan, dan diawasi oleh suatu organisasi profesional. Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).
Paket
Volume data yang dikomunikasikan bisa menjadi besar, yang dapat menjadi masalah bila pengendalian tidak dikuasai oleh satu komputer. Untuk transfer data yang besar, pesan perlu dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil sehingga peran dari satu komputer tidak mendominasi medium komunikasi. Ini dilakukan dengan paket data. Paket data adalah sebagian dari keseluruhan data yang akan dikomunikasikan akan dikombinasikan dengan alamat komputer tujuan data tersebut dan informasi pengendali lainnya.
Salah satu protokol pengatur paket (packet switching protocols)yang paling penting adalah TCP/IP, singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Protokol ini untuk menangani komunikasi antara berbagai aplikasi. Protokol internet (Internet Proticol) menangani komunikasi antara berbagai alamat jaringan. Protokol TCP/IP sebenarnya adalah sekelompok protokol yang menangani komunikasi melalui jaringan antar dua komputer. Internet Protokol menangani masalah yang berhubungan dengan paket sehingga paket tersebut mendapatkan rute antar komputer pada jaringan komunikasi.
Internet Network Address
Supaya setiap paket memperoleh rute, masing-masing komputer menangani paket data dengan mempunyai alamat yang unik. Ketika memberikan rute untuk paket pada internet, IP address digunakan. IP address merupakan kumpulan empat kelompok angka (masing-masing mulai dari nol sampai 225), dipisahkan oleh titik. Masing-masing bagian memberikan alamat jaringan, host, subnetwork, dan komputer. Sebagai contoh IP address untuk Universitas North California Wilmington adalah 152.20.1.3.
Pengguna dirumah umumnya menggunkana Internet Service Provider (ISP). Pengguna berhubungkan dengan ISP melalui saluran telepon umum. Pengguna rumah menggunakan IP address untuk terhubung pada internet.

TIPE-TIPE JARINGAN
Untuk menjadi anggota dalam suatu jaringan, masing-masing perangkat computer, printer, atau perangkat serupa lainnya harus dihubungkan dengan media komunikasi melalui network interface card(NIC). NIC lebih sekedar bertindak sebagai penghubung antara computer dan jaringan yang juga berfungsi sebagai penyimpanan data sementara.

LAN
Local Area Network adalah sekumpulan computer dan perangkat-perangkat lainnya yang saling berhubungan melalui suatu medium yang sama. LAN khususnya menghubungkan computer-komputer yang berjarak dekat secara fisik. LAN hanya mampu menjangkau jarak total sekitar setengah mil saja dan jarak antara computer-komputer yang dihubungkan oleh medium komunikasi tersebut tidak lebih dari 60 kaki. LAN menggunakan tiga konfigurasi terpisah yang disebut topologi untuk menghubungkan computer ke perangkat lainnya. Konfigurasi ring (lingkaran) digunakan untuk Jaringan Token Ring dari IBM. Token (penanda) dilepaskan sepanjang ring dari satu perangkat ke perangkat lainnya dan token berfungsi sebagai pengendali komunikasi. Jaringan Ethernet umumnya menggunakan topologi bus juga dinamakan backbone. Bus adalah suatu kabel tunggal dengan panjang terbatas. Pada praktiknya topologi bus lebih menguntungkan daripada topologi ring karena pada topologi ring jika satu perangkat gagal berfungsi maka komunikasi dengan perangkat berikutnya akan terputus. Dengan menggunakan topologi bus, jika satu perangkat gagal berfungsi, komunikasi dengan perangkat lainnya tidak akan terputus. Topologi ketiga adalah star (bintang) dan topologi ini memerlukan suatu hub. Hub adalah suatu alat yang menerima paket data dari suatu computer di salah satu sudut star dan menyalin isinya keseluruh perangkat lain. Topologi star dan hub cukup penting karena kesederhanaan dan kemudahan penerapannya.
Pentingnya LAN bagi sebagian besar professional bisnis lebih berkaitan dengan komunikasi daripada teknologi. Ketika para manajer dan staf professional makin tergantung pada sumber daya computer untuk melaksanakan tugas-tugasnya, mereka mulai menyadari keterbatasan transfer informasi berbasis computer dari satu pengguna ke pengguna lain dengan menyalin file ke disket. Memakan waktu cukup lama untuk menyalin data, menyampaikannya ke rekan kerja, lalu rekan kerja akan menyalin data tersebut ke komputernya. Bagaimana jika rekan kerja itu tidak ada di mejanya? Bagaimana jika rekan kerja memerlukan data tersebut sementara Anda tidak di tempat? Ketika keputusan-keputusan penting berkaitan dengan data-data perusahaan seluruhnya berbasis computer, maka komunikasi antarkomputer menjadi semakin penting.

MAN
Metropolitan Area Network adalah jaringan yang jarak fisiknya terbatas, kira-kira 30 mil. Jangkauan jarak merupakan hal yang membedakan karakteristik MAN dengan LAN. Secara konseptual MAN diasosiasikan sebagai jaringan yang menghubungkan semua ruang utama di dalam gedung menjadi satu. MAN biasanya menggunakan bermacam-macam topologi sama seperti yang dijelaskan pada LAN. Seperti halnya LAN, MAN tidak menggunakan sistem telepon umum untuk mentransfer data. MAN mentransfer data pada kecepatan 100 Mbps sampai 1 Gigabit per detik.

WAN
Wide Area Network digunakan untuk menghubungkan berbagai computer dan perangkat lainnya bila jarak yang diperlukan melampaui jarak yang mampu dicapai LAN dan MAN. WAN menggunakan sistem telepon umum sebagai media pembawa data. Saat penggunaan internet telah meluas dan memasyarakat, pengguna WAN perlahan-lahan berkurang dan digantikan oleh Internet.

INTERNET
Internet memiliki dampak yang besar terutama pada komunikasi berbasis computer daripada terhadap perkembangan di bidang lainnya. Internet bersifat umum. Tiap orang yang memiliki computer dan akses ke media komunikasi dapat menjelajahi internet. Keterbukaan internet bagi setiap orang mengakibatkan keuntungan dan kerugian. Apa perbedaan mendasar antara internet dengan LAN? Secara teknis, LAN tidak memiliki koneksi fisik ke jaringan lain. Hal ini sangat penting untuk dipahami karena sebagian orang salah dalam merujuk kelompok local computer mereka sebagai LAN padahal kelompok local computer tersebut berhubungan dengan jaringan lain. Internet memiliki koneksi ke jaringan lain dalam satu perusahaan yang sama tetapi dilengkapi dengan perangkat lunak, perangkat keras, atau kombinasi keduanya untuk mencegah terjadinya komunikasi dengan sistem dan perangkat-perangkat komunikasi lainnya dari luar perusahaan. Firewall pada umunya digunakan sebagai sistem keamanan internet.

EKSTRANET
Beberapa pengguna jaringan yang sebetulnya berhak terhadap akses informasi perusahaan mungkin berada di luar batas lingkungan organisasi. Misalnya, satu pemasok mungkin memerlukan akses terhadap informasi mengenai jumlah persediaan barang yang perlu dipasok ke perusahaan. Untuk menjangkau pengguna yang berada di luar lingkungan perusahaan bisa digunakan internet. Akan tetapi, pengguna internet beresiko terhadap keamanan data perusahaan. Untuk mengatasi hal ini, internet diperluas hingga dapat menyertakan para pengguna yang berhak mendapatkan akses tapi berada di luar organisasi. Sistem ini dinamakan EKSTRANET. Hanya para pelanggan dan mitra bisnis terpercaya yang mendapat akses ekstranet karena akses ini memungkinkan pengguna sistem informasi dan sumber daya computer yang tidak berhubungan langsung dengan komunikasi. Firewall juga digunakan di ekstranet untuk mencegah pemakai yang tidak berhak mengakses sumber daya computer perusahaan.

Konvergensi computer dan komunikasi
Perangkat computer dan perangkat komunikasi masing-masing saling bekerja sama satu dengan yang lain. Contohnya : Handspring’s Treo 300 merupakan PDA, telepon, internet browser, telepon, internet browser dan pengirim email yang disatukan menjadi suatu produk. Semua produk komputasi dilakukan oleh prosesor computer yang ada dalam telepon seluler anda. Komputer dapat berfungsi sebagai suatu sumber daya yang berdiri sendiri tetapi bila di gunakan sebagai alat bisnis, kemampuannya dan manfaat yang di berikan akan meningkat pesat bila computer-komputer itu dapat berbagi data. Komunikasi data dapat berlangsung dari satu computer ke computer klain secara langsung melalui koneksi jaringan atau melalui jaringn perantara pada system telepon umum. Dalam hal komunikasi, perangkat keras komputerjauh lebih cepat dari pada perangkat keras telepon. Ini berarti bahwa transmisi data computer yang melalui system telepon umum lebih lambat daripada transmisi yang tidak menggunakan system telepon umum.

Single Post Navigation

One thought on “perangkat keras

  1. maaf aganwati,.,

    kmu pnyak program tentang perpustakaan ta,.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: