Chebii's Blog

Just another WordPress.com weblog

perangkat input

Perangkat Input
Komputer tidak akan berguna tanpa adanya perangkat input dan output. Contohnya kegiatan bisnis yang memerlukan proses input dan output data dalam jumlah yang sangat besar, dan membutuhkan berbagai perangkkat yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Human-captured data merujuk pada input atau memasukkan data oleh pengguna dengan berbagai cara, misalnya mengetik data menggunakan keyboard, mengklik menggunakan mouse komputer, dan lain sebagainya.
Human-captured input merupakan memberikan mekanisme langsung bagi para pengguna untuk mengontrol komputer. Ada dua kendala yang dihadapi human-captured data, yaitu:
1. Prosesnya yang sangat lambat
2. Tingkat akurasinya yang rendah, tidak mencapai tingkat akurasi setinggi data yang dimasukkan oleh mesin (machine captured data)
Peristiwa yang sangat penting yang terjadi bagi perkembangan machine-readable adalah saat dunia usaha diharuskan mencantumkan bar code pada setiap produk yang dijual. Menurut kita, bar code adalah seperti serangkaian garis vertikal, sebagian lebih tebal dan sebagian lebih tipis dari yang lain. Berdasarkan peraturan pemerintah, semua barang yang akan dijual harus memperlihatkan kode ini. Kode ini mencakup industri, bisnis, dan seluruh produk yang dihasilkan tanpa pengecualian apakah produk itu botol plastik atau kemasan kaleng.
Terminal point of sale ( POS) adalah suatu jenis scanner dari yang digunakan di toko-toko ritel. Scanner ini berinteraksi dengan komputer di toko yang mengolah informasi produk untuk menentukan harga, perubahan jumlah persediaan barang yang menggambarkan penjualan, dan aktivitas-aktivitas sejenis lainnya.
Dalam hal ini ternyata data yang dimasukkan oleh mesin (machine-captured data) lebih baik daripada data yang dimasukkan oleh manusia (human-captured data) karena komputer dapat memasukkan data dengan biaya yang lebih murah. Selain itu juga dapat menguntungkan dari segi kecepatan dan akurasi proses pemasukan data.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: