Chebii's Blog

Just another WordPress.com weblog

komunikasi-sistem telepon umum

KOMUNIKASI-SISTEM TELEPON UMUM
Kecepatan transmisi data antar komputer melalui sistem telepon umum lebih lambat dibandingkan dengan transmisi data antarkomputer yang dihubungkan melalui sistem jaringan sendiri. Hampir semua komputer yang ada di jaringan dapat beroperasi seratus kali lebih cepat melalui koneksi dengan kabel dibandingkan melalui sistem jaringan telepon umum. Karena protokol untuk sistem komunikasi telepon umum dibuat untuk tingkat komunikasi suara, maka kualitas dan kecepatan saluran komunikasi tidak perlu tinggi. Protokol adalah spesifikasi bentuk atau format data yang akan ditransfer melalui peralatan komunikasi.

Koneksi Umum
Protokol untuk sistem telepon umum dibuat untuk memenuhi kriteria minimum transmisi suara, yaitu transmisi analog tingkat rendah. Kualitas komunikasi suara cukup rendah bila digunakan untuk memenuhi kebutuhan transmisi data komputer.
Modem telepon menghubungkan komputer rumah dengan internet. Kecepatannya meningkat pesat selama tahun 1980, dan saat ini mencapai 56Kbps (56 ribu bit per detik) yang dapat mencapai 64Kbps, tetapi secara teknik kecepatan maksimum yang bisa digunakan untuk menjalankan transmisi modern telepon hanya 56Kbps.
Tabel Koneksi ke internet

Koneksi Kecepatan Deskripsi
Modem Telepon

Modem Kabel

Integrated services digital network (ISDN)

Digital subscribes line (DSL) 56Kbps

2Mbps

128Kbps sampai 1,5Mbps

32Mbps Perangkat yang dihubungkan ke komputer melalui saluran telepon standar.
Perangkat yang dihubungkan dengan kabel coaxial yang umumnya digunakan sebagai kabel penerima pada televisi, pada komputer untuk akses internet. Kecepatan dari modem ini sangat bervariasi dari 2Mbps yang kerap dipublikasikan dalam iklan TV kabel. Namun 11Mbps merupakan kemampuan yang pada umumnya saat ini dimiliki oleh modem kabel. Biasanya provider membatasi kecepatan komunikasi untuk pelanggan hingga hanya 2Mbps dab hingga 512Kbps.
Koneksi menggunakan saluran telepon standar sebagai saluran komunikasi dengan kecepatan 64Kbps. Saluran-saluran itu disatuka sehingga kesatuan “dasar” dari dua saluran menghasilkan kecepatan komunikasi 128Kbps. Biasanya tiap kesatuan mencapai 23 saluran telepon yang menghasilkan kecepatan-kecepatan komunikasi 1,5Mbps
Teknologi yang sama dengan ISDN akan tetapi lebih mampu mengambil keuntungan dari kemampuan komunikasi melalui saluran telepon. Versi terbaru DSL, kecepatannya mencapai 52Mbps.

Protokol Integrated Services Digital Network (ISDN) dan Protokol Digital Subscribes Line (DSL) menyediakan standar untuk transmisi data pada kecepatan dari 1,5Mbps sampai 32Mbps (32 juta bits per detik) melalui saluran telepon standar.
Modem Kabel terhubung ke internet melalui kabel coaxial yang umumnya digunakan sebagai kabel penerima pada televisi. Modem kabel umumnya mencapai kecepatan 2Mbps. Namun terkadang kecepatan aktualnya mencapai 512Kbps.
Kecepatan transmisi data yang digambarkan tersebut semuanya untuk “last mile” atau “kilometer terakhir” artinya transmisi yang berjalan dari komputer rumah kita ke stasiun perusahaan telepon atau perusahaan kabel telepon terdekat yang pertama ditemui. Kapasitas dan kecepatan transmisi data antarperalatan telepon juga meningkat. Tanpa adanya peningkatan tersebut, penambahan kapasitas dan kecepatan transmisi komunikasi di kilometer terakhir akan bernilai kecil.
Frame Relay mendapat keuntungan dari komunikasi berkualitas tinggiyang diperoleh dengan penggunaan serat optik. Bila sistem pemanfaatan serat optik handal (reliable fiber optic) telah dikembangkan, kebutuhan akan protokol lambat yang bisa menelusuri pengiriman dan penerimaan data dari satu perangkat telepon ke perangkat telepon berikutnya dapat dihilangkan. Teknologi asynchronous transfer mode (ATM) menawarkan dua karakteristik yang dapat meningkatkan rata-rata transmisi data, yaitu:
1. Ukuran paket yang dikomunikasikan lebih kecil daripada protokol yang sebelumnya digunakan pada sistem telepon. Ini memungkinkan paket dari pengguna yang berbeda dapat dilepas ke jaringan pada saat bersamaan sehingga semua paket mendapat tempat secara merata pada jaringan.
2. Kecepatan yang dimilikinya dari 25 hingga 155 Mbps. Bahkan, perangkat ATM dapat menyatukan 16 saluran sekaligus sehingga mampu melakukan transfer dengan kecepatan mendekati 2,5 miliar bit per detik.

Sambungan Pribadi (Private Line)
Komunikasi memerlukan sambungan dari satu titik ke titik lain. Ada banyak kemungkinan jalur yang melewati jaringan.
Sambungan pribadi (private line) adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi kita. Istilah leased line dan dedicated line juga biasa digunakan. Sambungan pribadi yang khusus dibuat untuk pemakaian pribadi disediakan oleh perusahaan penyedia jasa. Komunikasi (common carrier), yaitu perusahaan telepon. Untuk menggunakan sambungan itu, kita diharuskan membayar biaya bulanan yang jumlahnya telah ditetapkan. Semakin sering sambungan tersebut digunakan, maka semakin kecil biaya data per unit.
Dua jenis sambungan pribadi yang sangat populer adalah sambungan T-1 dan T-3. Sambungan T-1 (T-1 line), kadang disebut Saluran T-1 (T-1 channel) memiliki kecepatan transmisi maksimum sedikit di atas 1,5 Mbps. Saluran T-3 dapat mentransfer data dengan kecepatan 43 Mbps. Sambungan T-1 dan T-3 sebenarnya merupakan kumpulan sambungan 64 Kbps antara dua perangkat komunikasi. Karena mereka merupakan kumpulan sambungan 64 Kbps, maka sambungan T-1 dan T-3 dapat dipecah menjadi beberapa jalur komunikasi, seperti pembagian jalan tol menjadi beberapa jalur. Sambungan T-1 umumnya digunakan oleh organisasi bisnis dengan lalu lintas komunikasi data yang benar, sedangkan sambungan T-3 umumnya digunakan oleh penyedia jasa internet.

Virtual Private Network
Sambungan pribadi memberikan keamanan yang lebih baik karena data yang melalui sambungan komunikasi tersebut hanya data dari organisasi kita, dan kecepatannya lebih tinggi daripada kecepatan transmisi internet yang aman (secure Internet transmission). Bagaimana kita bisa memperoleh keamanan dan kecepatan sambunganpribadi dengan biaya semurah jaringan internet?
Jawabannya adalah Jaringan Pribadi Virtual (virtual private network atauVPN). Suatu organisasi perlu menggunakan penyedia jasa internet yang memiliki perangkat tunneling software (perangkat lunak pembuat terowongan) di server dan routernya. Microsoft dan Cisco Systems, penjual utama perangkat komunikasi beserta perangkat lunkanya, keduanya mendukung tunneling software dan sebagian besar penyedia jasa internet utama mengakomodasi keberadaan tunneling. Tunneling software membuat sejumlah lokasi perantara berupa perangkat telepon yang akan menampung transfer komunikasi data tertentu. Tunneling secara konseptual serupa dengan membuat sirkuit pribadi untuk beberapa detik saat terjadi pengiriman data.
Kerahasiaan dicapai karena terowongan ini tidak dapat dibuat kecuali komputer pengirim dan penerima memeriksa keabsahan masing-masing. Kecepatan dicapai karena begitu keabsahan komputer pengirim dan penerima telah diperoleh tidak diperlukan lagi pemeriksaan keabsahan oleh tiap perangkat telepon perantara ketika jaringan meneruskan tiap paket data di sepanjang medium komunikasi. Biaya murah dicapai karena perusahaan tidak harus membayar sambungan komunikasi pribadi khusus ke tiap titik tujuan.
Sambungan pribadi konvensional menghubungkan dua titik tujuan yang sama (dua komputer yang sama) sepanjang waktu. VPN dibuat untuk tiap pasang komputer dan pasangan itu dapat berubah dari satu transmisi ke transmisi lain. VPN adalah suatu sambungan komunikasi yang aman, cepat, murah dan dapat menyediakan koneksi di antara berbagai organisasi.

Komunikasi-Jaringan
Organisasi Internasional untuk Standarisasi (International Organization for Standadization atau WWW.ISO.CH) didirikan tahun 1946 dan ditetapkan sebagai Antarkoneksi Sistem Terbuka atau Open System Interconnection (OSI), merupakan arsitektur standar untuk koneksi jaringan. OSI terdiri dari 7 lapisan seperti tabel di bawah ini. Dalam teknologi komunikasi saat ini, dua atau lebih lapisan dapat difungsikan dalam satu perangkat keras komunikasi.

Model Referensi Antarkoneksi Sistem Terbuka (Open System Interconnection-OSI)
Lapisan Nama Fungsi
7
6
5
4

3
2
1 Lapisan Aplikasi
Lapisan Presentasi
Lapisan Sesi
Lapisan Transpor

Klapisan Jaringan
Lapis Kaitan Data
Lapis Fisik Melaksanakan komunikasi antar aplikasi
Mengelola konversi representasi data
Membangun dana memelihar saluran komunikasi
Menjamin integritas transmisi data dari satu ujung ke ujung lain
Mengatur rute data dari satu alamat jaringan ke yang lain
Memindahkan data dari satu alamat jaringan ke yang lain
Menempatkan data dan menghapus data pada media jaringan

Sebagai tambahan untuk standar arsitektur jaringan, diperlukan sebuah protokol. Protokol merupakan spesifikasi dari format data yang ditransmisikan antarperangkat-perangkat komunikasi. Jika standar untuk jaringan komunikasi telah ditetapkan dan protokol untuk transfer data juga telah dibuat, maka manfaat-manfaat teknologi informasi dapat digunakana bersama-sama secara luas.

Protokol Komunikasi Komputer
Awalnya komputer dirancang bukan untuk berbagi data dengan komputer lain, tetapi hanya dengan terminal. Terminal adalah perangkat yang tidak mempunyai penyimpanan atau prosesor, sederhananya terminal merupakan alat untuk memasukkan dan menampilkan data untuk komputer.
Protokol dapat menjadi hak milik, artinya spesifikasi dalam memformat data menjadi milik perusahaan yang mengembangkannya. Ada protokol lain yang disebut open protocol atau protokol terbuka. Protokol terbuka adalah protokol yang spesifikasi formatnya terbuka untuk umum dan boleh digunakan tanpa dikenakan biaya. Protokol terbuka banyka disukai karena digunakan pada saluran komunikasi yang populer seperti internet.
System Network Architecture (SNA) dikembangkan oleh IBM sebagai protokol hak milik pada tahun 1974. konsep ini dirancang untuk komputer besar, bukan untuk komputer mikro. SNA memerlukan suatu komputer utama atau induk menjadi muara bagi komputer-komputer lain dihubungkan dengan komputer induk tersebut oleh jaringan dalam sekuen-sekuen tertentu sehingga dalam berhubungan dengan komputer induk (host), komputer-komputer lainnhya seolah-olah mengantri.
Token-Ring IBM menyadari bahwa tidak semua pelanggan mampu atau mau mengeluarkan biaya tambahan untuk perangkat keras pengendali. IBM mulai mengembangkan suatu protokol yang tidak bergantung pada suatu komputer induk yang mengendalikan komunikasi ke komputer-komputer lain, tetapi protokol yang memperlakukan komputer-komputer lain sebagai peer(sederajat). Protokol Peer-to-peer memungkinkan tiap komputer untuk bertindak sebagai pengendali diri sendiri. IBM menamakan protokol peer-to-peer sebagai Token-Ring. Suatu penanda (token) diletakkan pada satu komputer tertentu, penanda tersebut akan diteruskan secara estafet di atntara komputer-komputer yang sederajat dan komputer yang memiliki penanda itu adalah komputer yang diizinkan untuk mengendalikan komunikasi.

Gambar Protokol Token Ring

ETHERNET Xerox mengembangkan suatu arsitektur komunikasi peer-to-peer yang berbeda pada awal tahun 1970-an dan bekerja sama dengan Digital Equipment Corporation dan Intel meluncurkan Ethernet. Ethernet adalah sebuah protokol jaringan untuk komunikasi peer-to-peer. Standar ethernet bukan hak milik suatu perusahaan, dan diawasi oleh suatu organisasi profesional. Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

Paket
Volume data yang dikomunikasikan bisa menjadi besar, yang dapat menjadi masalah bila pengendalian tidak dikuasai oleh satu komputer. Untuk transfer data yang besar, pesan perlu dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil sehingga peran dari satu komputer tidak mendominasi medium komunikasi. Ini dilakukan dengan paket data. Paket data adalah sebagian dari keseluruhan data yang akan dikomunikasikan akan dikombinasikan dengan alamat komputer tujuan data tersebut dan informasi pengendali lainnya.
Salah satu protokol pengatur paket (packet switching protocols)yang paling penting adalah TCP/IP, singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Protokol ini untuk menangani komunikasi antara berbagai aplikasi. Protokol internet (Internet Proticol) menangani komunikasi antara berbagai alamat jaringan. Protokol TCP/IP sebenarnya adalah sekelompok protokol yang menangani komunikasi melalui jaringan antar dua komputer. Internet Protokol menangani masalah yang berhubungan dengan paket sehingga paket tersebut mendapatkan rute antar komputer pada jaringan komunikasi.

Internet Network Address
Supaya setiap paket memperoleh rute, masing-masing komputer menangani paket data dengan mempunyai alamat yang unik. Ketika memberikan rute untuk paket pada internet, IP address digunakan. IP address merupakan kumpulan empat kelompok angka (masing-masing mulai dari nol sampai 225), dipisahkan oleh titik. Masing-masing bagian memberikan alamat jaringan, host, subnetwork, dan komputer. Sebagai contoh IP address untuk Universitas North California Wilmington adalah 152.20.1.3.
Pengguna dirumah umumnya menggunkana Internet Service Provider (ISP). Pengguna berhubungkan dengan ISP melalui saluran telepon umum. Pengguna rumah menggunakan IP address untuk terhubung pada internet.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: