Chebii's Blog

Just another WordPress.com weblog

cara memotivasi kerja karyawan

hmmm…

Buat para karyawan, menurut kalian apa cie yang bisa menarik semangat kalian dalam bekerja???

Kalau menurut saya cie, kita bisa gunain cara yang di ajarin sama Moslow.

Menurut Moslow, karyawan itu butuh yang namanya:

1. Fisiologis (secara fisik)

Maksudnya, setiap karyawan itu butuh yang namanya kebutuhan secara fisik. Misalnya, setiap orang itu butuh yang namanya gaji. gimana nggak???wong udah kerja keras di kantor, masuk pagi pulang malem masa ga dapet gaji???tul kan??? apalagi yang namanya kerja lembur. itu harus dapet uang ekstra.

trus, klo kita jadi manajer. biasanya kita di fasilitasin mobil supaya kita bisa dsampe kantor lebih pagi n lebih rajin. jadi sebagai manajer kita bisa nyontohin ke bawahan kita klo kerja itu harus on time dan disiplin. klo masuk jam 8 yah harus masuk jam segitu. lebih bagus lagi klo bisa dateng lebih pagi. jadi orang-orang yang datengnya siang, pada malu.hehe…

2. Safety and Security needs (kebutuhan rasa aman)

Buat yang satu ini, penting banget…

Karena rasa aman itu penting banget!!!

Contohnya, buat yang kerja di perusahaan-perusahaan pembangunan gedung. buat para pekerjanya pasti selalu disediain helm untuk ngelindungin kepalanya. dari pada ketiban benda berat dari atas. selain itu, buat para pekerja itu pasti diberikan asuransi jiwa, klo hal-hal yang ga diingnkan terjadi.

buat yang di kantoran, juga pasti perlu safety nya. contohnya, buat karyawan-karyawan perempuan yang sedang hamil, pasti diberikan ijin cuti hamil selama 3 bulan dari kantor (pada saat akan melahirkan).

3. Social and Bellogines (interaksi)

dalam kehidupan bekerja, pasti di dalamnya terjadi suatu interaksi. baik dari atasan ke bawahan, bawahan ke atasan , maupun sesama karyawan.

Kebutuhan ini diperlukan bagi para karyawan, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dalam suatu tempat pekerjaan. Jika kebutuhan ini sudah terpenuhi, pasti karyawan akan merasa nyaman dan akan kerasan untuk bekerja di tempat tersebut. justru mungkin karyawan tersebut akan lebih giat bekerja lagi. dan hal tersebut juga akan memberikan dampak yang positif juga kepada perusahaan.

4. Eskem Needs (menghargai)

Dengan adanya sikap saling menghargai satu sama lain, kita dapat menambah motivasi kerja karyawan.

hal jelek yang sering terjadi dalam satu perusahaan, adalah kurangnya sikap menghargai antara atasan dengan bawahan.

banyak atasan yang sudah mengejar date line, dan sudah dikerjakan oleh bawahannya namun ternyata kurang memuaskan justru dengan seenaknya memecat bawahannya.

padahal dari situ, kita bisa melihat keseriusan dari bawahan tersebut dalam mengerjakan tugasnya. Sebagai atasan seharusnya kita lebih menghargai dan memotivasi karyawan tersebut agar lebih gita bekerja.

dan sebagai karyawan, kita juga harus mengerti posisi atasan kita yang memikirkan kemajuan perusahaan. toh, jika kita bisa ikut berperan dalam mengembangkan perusahaan tersebut, kita juga bisa ikut bangga dan bisa di kategorikan sebagai karyawan teladan di mata atasan kita.

5. Actualization needs

adanya kejujuran dalam suatu pekerjaan, itu sangat penting. tidak ada kecurangan dalam pekerjaan. contohnya , tidak dibayarkannya gaji karyawan padahal karyawan tersebut sudah bekerja lembur.

begitu juga dengan sesama karyawan. tidak adanya sikap cemburu sehingga menimbulkan pikiran yang ingin membuat celaka orang lain. seperti mengubah hasil pekerjaan orang lain.

Dari kelima cara ini, saya mengharapkan pembaca dapat mengambil cara yang terbaik dan dapat membuka pikiran para pembaca. terima kasih.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: