Chebii's Blog

Just another WordPress.com weblog

BeRorGAniSAsi DeNgaN BaiK

Suatu organisasi mengalami kemajuan jika dalam organisai tsb memiliki visi dan misi yang benar-benar bisa memajukan organisasi tsb hingga puncak tertinggi. Visi merupakan tujuan awal / tujuan utama kenapa orgnisasi itu dibentuk. Sedangkan Misi merupakan tugas-tugas yang harus dilakukan agar organisasi tsb bisa berhasil dan mengalami kemajuan setiap waktunya.
Selain itu sebuah organisasi akan tetap berjalan / hidup jika adanya aturan-aturan dan profesionalisme dari masing-masing individu yang berperan didalamnya. Ynag tidak kalah pentingnya sebuah organisasi juga harus memiliki insentif, sumber daya, dan rencana kerja. Jika salah satu tidak terpenuhi,misalnya tidak adanya sumber daya,bagaimana bisa organisasi tsb akan berhasil dan maju jika kebutuhan-kebutuhan dari organisasi tidak dapat terpenuhi. Apalagi jika rencana kerjanya yang tidak ada,maka bisa dikatakan organisasi tsb sia-sia, karena dibentuknya organisasi itu supaya kita bisa bersama-sama merencanakan, memberikan ide apa yang akan kita lakukan / kerjakan,terlebih jika organisasi tsb bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan.

I. Organisasi yang tidak memiliki keprofesionalisasian.

Sebuah perusahaan yang mulai berkembang, biasanya masih mencari jati dirinya dan berusaha untuk bersaing dengan perusahaan2 yang bergerak di bidang yang sama. Banayak segi2 dari perusahaan yang sudah terpenuhi. Namun, kadang kala ada hal yang dilupakan oleh perusahaan tersebut. Yaitu keprofesionallisasian dalam melakukan tugasnya. Padahal, Sifat khas organisasi profesional adalah bahwa tujuan primer organisasi itu hanya dapat dicapai oleh mereka yang mempunyai kualifikasi yang tertinggi. Sebagai perbandingan, di bidang ketentaraan misalnya, untuk mencapai sasaran, komandan mengerahkan anak buahnya. Di bidang perusahaan, direktur mengerahkan buruhnya untuk mencapai hasil yang setinggi-tingginya.

Hal inilah yang menjatuhkan nilai plus dari perusahaan tersebut.

Sehingga masyarakat dapat menyimpulkan bahwa perusahaan tersebut berorientasi hasil RESAH.

II. Organisasi yang memiliki kemajuan.

McKINSEY & Co., sebuah perusahaan konsultan manajemen Amerika, telah melakukan penelitian terhadap berbagai praktek manajemen di 37 perusahaan yang sering dianggap sebagai teladan dalam hal operasi perusahaan yang baik. Penelitian menunjukkan, semua perusahaan tersebut memiliki delapan atribut yang serupa.

Keinginan bertindak.
• Susunan staf yang kecil dan sederhana bentuknya.
• Kontak terus-menerus dengan para nasabah.
• Perbaikan produktivitas melalui orang banyak.
• Otonomi operasional untuk menggalakkan kewiraswastaan.
• Mengutamakan satu nilai bisnis yang pokok.
• Mengkhususkan diri pada bidang yang mereka kuasai dengan baik.
• Kontrol longgar-ketat secara serentak.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: