Chebii's Blog

Just another WordPress.com weblog

MAKANAN SEHAT UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN

MAKANAN SEHAT UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN

MENURUNKAN berat badan tidak cukup hanya dengan diet ketat dan olahraga. Jika Anda ingin cepat menurunkan berat badan dengan cara sehat, Anda juga mengonsumsi makanan yang memerlukan kalori lebih banyak pada saat memprosesnya.

Bagaimana caranya, apakah makanan itu sendiri tidak mengandung kalori? Semua makanan mengandung kalori. Tetapi ada makanan yang memerlukan kalori lebih banyak dalam proses pembakaran dibandingkan kalori yang dikandungnya sendiri. Kalori yang dikandung makanan ini susah dipecah dan diolah oleh tubuh. Karena itu, tubuh harus bekerja lebih keras untuk mengesktrak kalori. Dengan cara ini, makanan tersebut membantu membakar kelebihan lemak yang ada di dalamnya tubuh.

Satu porsi dessert yang mengandung 400 kalori mungkin hanya memerlukan 150 kalori dalam proses pembakarannya. Akibatnya, ada sisa bersih 250 kalori yang akan disimpan dalam bentuk lemak di dalam tubuh. Berdasarkan teori yang sama, misalnya, jika Anda mengosumsi 100 kalori makanan yang memerlukan 150 kalori dalam proses pencernaan, maka Anda sudah membakar 50 kalori esktra hanya dengan mengonsumsi makanan ini. Biasanya, sepotong brokoli berukuran 100 gram mengandung 25 kalori. Tetapi, selama proses mencernanya diperlukan 80 kalori.
Hasilnya, tubuh membakar 55 kalori bersih dari lemak tubuh. Dengan begitu, semakin banyak Anda mengonsumsi maka semakin cepat Anda bisa menurunkan berat badan.

Makanan apa saja yang bekerja dengan cara ini? Makanan ini biasanya berasal dari tumbuhan alami dengan kandungan karbohidrat dan serat tinggi tetapi sangat sedikit mengandung lemak. Tubuh harus bekerja lebih keras untuk memecah karbohidrat dan diperlukan usaha ekstra untuk mengubahnya menjadi lemak. Sedang makanan berlemak sangat cepat menambah lemak yang akan ditimbun oleh tubuh. Selain itu, kandungan serat yang ada pada makanan nabati ini sangat berguna bagi tubuh, bersifat mengenyangkan, bagus untuk mengontrol kolesterol dan tekanan darah tinggi, serta membantu mencegah kanker.

Untuk membantu Anda menurunkan berat badan tetapi tetap kenyang, pilihlah makanan yang memerlukan kalori lebih banyak dalam proses pengolahannya. Makanan tersebut meliputi selada, bit, berries, brokoli, bawang putih, lobak, kol bunga, seledri, nenas, pepaya, jeruk, ketimun, bayam, grapefruit (sejenis jeruk besar yang berasa asam), lemon, asparagus, mangga, wortel, apel, cabe, bawang merah, kol, dan zucchini.

Berikut empat jenis makanan yang dapat membantu Anda mengecilkan perut sekaligus mengurangi ukuran pinggang Anda.

1. Serat
Makanan seperti oatmeal dan biji gandum kaya akan serat yang dapat mengecilkan perut. Alsannya makanan berserat membuat perut merasa penuh lebih cepat ketimbang makanan yang rendah serat. Makanan berserat juga membutuhkan waktu lama untuk dicerna tubuh sehingga Anda akan merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

2. Protein
Protein sebenarnya kurang lebih berfungsi sama dengan serat yakni menahan rasa kenyang Anda lebih lama. Hal ini karena makanan berprotein membutuhkan lebih banyak kalori untuk proses pencernaan ketimbang sayur dan buah. Telur adalah salah satu makanan kaya protein yang juga mengandung B12 yang berfungsi menghancurkan sel lemak. Kacang-kacangan juga merupakan sumber protein dan serat. Namun, perhatikan jenis kacang yang Anda makan, karena kacang goreng mengandung banyak lemak jenuh dan kacang panggang mengandung banyak gula.

3. Enzim
Makanan seperti pepaya dan nanas kaya akan enzim yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Selain itu, semua makanan yang mengandung enzim sayur dan buah mentah memberikan kesempatan kepada hati dan pankreas untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta mengubah lemak pada perut menjadi energi bagi tubuh.

4. Lemak sehat
Makanan berlemak tak selalu menjadi biang keladi atas perut buncit, bergantung pada jenis lemaknya. Lemak tak jenuh bahkan dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengubah lemak pada perut menjadi energi. Lemak baik dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan di antaranya avokad dan minyak zaitun. Tak hanya mampu membakar lemak, minyak zaitun bahkan menjaga tingkat kolesterol. Selain itu, ada pula almon yang tak hanya kaya akan lemak tak jenuh, tapi juga mengandung protein untuk efek pembakaran lemak sinergis dan membantu menekan rasa lapar.
REFERENSI :
1. http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/08/22/3027/3/Makanan-Penghindar-Perut-Buncit
2. http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/08/26/1551/3/Makanan-yang-Mampu-Menurunkan-Berat-Badan

Single Post Navigation

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: